Masalah!

Apa yang kalian pikirkan kalau mendengar kata "masalah"?
Pasti yang ada hanyalah sebuah pikiran negatif, sebuah beban, perasaan kecewa, sakit, marah.
Setiap orang punya yang namanya masalah.
Entah di dalam keluarga, di dalam komunitas, maupun di lingkungan masyarakat, entah masalah kecil ataupun besar.
Namun bagaimana kita harus menyikapi setiap masalah yang kita terima?
Apakah dengan menangis, memberontak, menyiksa diri sendiri, melampiaskan pada orang lain, atau mungkin bercerita pada orang lain?
Sekali lagi, aku tau setiap orang punya masalah.
Tiap orang pun punya cara yang berbeda di dalam menyikapi setiap masalah yang mereka terima.
Di zaman dewasa ini, kebanyakan orang menyikapi masalah mereka dengan melampiaskannya pada orang lain, dengan membunuh atau menyiksa orang lain.
Coba lihat, apakah dengan begitu masalahnya selesai? Tidak, bukan? Malahan, bertambah satu masalah baru lagi dengan orang lain yang mereka bunuh atau mereka siksa.
Atau orang akan menyiksa atau membunuh dirinya sendiri karena merasa tidak berguna, karena merasa putus asa dan lelah dengan hidupnya.
Apakah masalahnya juga selesai? Tidak, bukan? Mereka malah merugikan diri mereka sendiri dengan menyia-nyiakan hidup, mereka membuat orang lain sedih, kecewa, bahkan mungkin bertanya-tanya atas hal bodoh yang mereka lakukan.
Lalu bagaimana menyikapi masalah yang benar? Ehmm.. bukan benar sepertinya, mungkin alangkah lebih baik menyikapi masalah seperti apa?
Jangan lakukan sesuatu yang merugikan dirimu dan orang lain. Hidupmu itu berarti, jangan sia-siakan hidupmu hanya karena masalah.
Menangislah kalau ingin menangis, cobalah ceritakan masalahmu pada orang lain yang kamu percaya, jangan siksa dirimu dengan memendam masalahmu sendirian.
Jangan beranggapan kalian akan menambah beban orang lain kalau kalian berbagi masalah yang kalian miliki. Aku tegaskan sekali lagi, setiap orang punya masalah. Terkadang perlu adanya berbagi dan bercerita dengan orang lain tentang masalah yang kita miliki.
Takut, malu, atau tidak berani bercerita pada orang lain? Tenang saja, kalian masih punya Tuhan, kan?
Berdoalah, ungkapkan masalah kalian pada Tuhan, berceritalah, menangislah sepuas mungkin. Aku yakin, perasaan kalian akan lebih lega.
Mungkin dengan bercerita kalian belum tentu mendapatkan solusi dalam setiap masalah kalian. Namun percayalah, setidaknya dengan bercerita perasaan kalian akan lebih lega, pikiran kalian lebih jernih, dan hati kalian lebih tenang.

"Jangan semakin merusak dunia dan hidup kalian, 
lakukanlah hal-hal yang berguna,
 jangan lakukan hal-hal bodoh 
yang hanya merugikan dirimu dan orang lain di sekitarmu." 

Comments

Popular posts from this blog

Perihal Bahagia

Salah Sendiri

Si Ratu Telat #1